Begini Aturan Kepala Daerah Yang Akan Berkampanye Di Pilpres 2019 – berita 2018

Kabar terbaru indonesia mengenai “Begini Aturan Kepala Daerah Yang Akan Berkampanye Di Pilpres 2019” dan disajikan dengan beda hanya di detectifmaya.com,

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengarak sembilan gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada 2018 untuk dilantik di Istana Negara, Jakarta, Wednesday/rabu (5/9). (detectifmaya.com/HO/Wan)

detectifmaya.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjelaskan aturan kepala daerah dalam berkampanye.

Ditegaskan, kepala daerah memiliki hak utk mengajukan cuti kampanye.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, kepala daerah yang berkampanye harus mengajukan cuti seperti diatur dalam Pasal 35, Pasal 36, dan Pasal 38 dalam PP No. 32/2018.

“Dengan mencantumkan skejul dan jangka saat itu serta lokasi kampanye,” kata Tjahjo ketika dikonfirmasi, Thursday/kamis (13/9/2018).

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Jangan tidakut akan perubahan. Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan peroleh sesuatu yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut dijelaskan, cuti kampanye hanya bisa diambil utk satu ha-ri kerja setiap pekan. Sementara, untuk hari libur kepala daerah bebas berkampanye.

“Cuti tersebut dilaksanakan untuk satu ha-ri kerja dalam satu saturday/minggu pada masa kampanye. Adapun hari libur ialah hari bebas untuk berkampanye,” tutur Tjahjo.

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Percayalah, cinta sejati akan menjadi milikmu ketika kamu dan dia mampu SETIA.

Kepala daerah tingkat gubernur atau wakil gubernur mesti menyampaikan kepada menteri. Sementara, untuk bupati atau wali kota dan wakil bupati atau wali kota/city meminta pengajuan cuti ke gubernur utk diproses.

“Pengajuan ijin cuti kampanye bagi gubernur atau wagub disampaikan ke menteri utk diproses dan diterbitkan persetujuan,” jelas Tjahjo.

“Pengajuan ijin cuti bagi bupati atau wabup & wali kota atau wawako disampaikan ke gubernur untuk diproses & diterbitkan persetujuan,” imbuh Tjahjo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:



Prosesi pelantikan dilakukan dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

1 dari 2 halamanImbauan Sandiaga Uno

Sebelumnya diberitakan, bakal cawapres Sandiaga Uno mengimbau kepala daerah bukan perlu terlibat dalam kampanye Pilpres 2019. Hal itu merespons kubu Jokowi-Maruf yang tim kampanyenya membawa kepala daerah sebagai pengarah teritorial.

Pernyataan Sandiaga pun dibalas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang menyatakan tak ada aturan yang dilanggar dalam memberikan dukungan kepada salah satu paslon.

Dia mengatakan imbauan Sandiaga berbanding terbalik dengan kenyataan saat menjadi Wagub DKI Jakarta, yang aktif mendukung pasangan cagub di sejumlah daerah.

“Ya bercermin sajalah, Pak Sandiaga Uno waktu itu Pilgub Jateng kampanye utk Sudirman Said, di Jabar Pak Sandiaga Uno kampanye utk pasangan Asyik (Sudrajat-Syaikhu),” ucapnya usai menghadiri acara di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota/city Bandung, Wednesday/rabu (12/9/2018)

Reporter: Ahda Bayhaqi