Anjing Bisa Cegah Penyebaran Malaria, Caranya? – berita 2018


Ilustrasi (iStock)

detectifmaya.com, Durham Anjing dikenal bakal kemampuannya mengendus berbagai macam. Mulai dari narkoba, bom sampai elektronik selundupan.

Tetapi para ilmuwan di Universitas Lancaster telah melatih hewan sahabat manusia yang satu ini utk mengendus penyakit, terutama malaria.

Dan itu bisa sangat berguna dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit itu.

Dalam studi yang dilakukan para ilmuwan itu, anak-anak di Ghana, yang sebagian mengidap malaria dan sebagian tidak, diberikan kaus kaki untuk dikenakan selama satu malam.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Terkadang, menangis hanya membuat matamu setingkat lebih jernih sebelum melihat kebahagiaan.

Dan anjing-anjing yang dilatih itu berupaya mengidentifikasi kaus kaki yang mengandung parasit malaria.

“Ada banyak bukti bahwa orang-orang yang mengidap parasit malaria, mengeluarkan bau tertentu. Bau badan mereka berbeda da-ri orang lain, & yang lebih penting lagi, nyamuk-nyamuk lebih suka menggigit orang yang mengidap malaria. Apabila nyamuk bisa, kenapa anjing tidak?,” kata Steve Lindsay da-ri Universitas Durham sepeti dikutip da-ri VOA Indonesia, Monday/senin (5/11/2018).

Anjing-anjing yang dilatih oleh Tim Deteksi Medis mampu mengidentifikasi malaria dengan benar sebanyak 70 persen.

Dan Lindsay mengatakan ini bisa menghasilkan cara-cara baru dan efektif untuk menghentikan penyebaran Malaria.

“… maka apabila kita semakin dekat menuju pemberantasan malaria dan berupaya menemukan hot spot dan siapa yang terinfeksi, dari-pada memeriksa semua orang, anjing-anjing itu mungkin cukup efektif untuk dikerahkan ke desa-desa dan mencari orang-orangnya,” papar Lindsay.

Saksikan juga video berikut ini:



Bulldog yang menggemaskan ini sedang menikmati saat-saat ketika ia berada di atas papan seluncur pemiliknya yang sedang memecah ombak. Dia hampir kehilangan keseimbangannya, tetapi pemiliknya memegangnya dan mencegahnya jatuh ke air.

2 dari 2 halamanBekerja Sama dengan MIT

Ilustrasi anjing pelacak (AFP)

Lindsay mengatakan anjing telah berada di garis depan untuk mendeteksi penyakit & barang ilegal, namun mungkin juga bisa mendeteksi penyakit lainnya.

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Perasaan yang paling berbahaya adalah iri, karena iri hati melahirkan kebencian dan kebencian akan membunuhmu perlahan.

“Mitra-mitra kerja saya, orang-orang yang menangani anjing telah bekerja dengan anjing mereka utk mendeteksi kanker & penyakit Parkinson,” kata Lindsay.

“Dan mereka sebenarnya juga punya anjing pemberi peringatan yang bekerja dengan para pasien diabetes, jadi saat para pasien mengalami hipoglikemia, anjing-anjing itu bisa memperingatkan pasiennya,” tutur Lindsay.

Tim Deteksi Medis pula bekerja sama dengan Universitas MIT utk menciptakan semacam E-nose yang bisa memiliki kemampuan sepeti anjing, namun dia mengatakan hidung anjing sangat sensitif sehingga teknologi itu belum bisa menandingi kemampuan hewan itu.