Awal Pekan, Rupiah Lanjutkan Penguatan – berita 2018

Info aktual Kamis November 2018 baca berita “Awal Pekan, Rupiah Lanjutkan Penguatan” Media berita terbaru dan terupdate detectifmaya.com

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Ibukota Indonesia (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tak layar edar.

(Merdeka.com/Arie Basuki)

detectifmaya.com, Jakarta- Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat daripada perdagangan di awal pekan ini. Mata uang rupiah bakal bergerak di kisaran 14.935 per dolar AS hingga 14.965 per dolar AS.

Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.972 per dolar AS daripada Senin (5/11/2018) ini. Angka Patokan ini menguat bila dibandingkan dengan patokan pada Jumat lampau yang ada di angka 15.089 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan Bloomberg, rupiah dibuka di angka 14.976 per dolar AS, melemah sekedar jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.955 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang ha-ri ini, rupiah bergerak di kisaran 14.967 per dolar AS hingga 14.985 per dolar AS. Walaupun jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 10,49 persen.

“Kurs rupiah bergerak menguat menjelang rilis data pertumbuhan ekonomi triwulan ketiga 2018 yang diperkirakan tumbuh 5,20 persen (year on year),” kata Ekonom Samuel Sekuritas, Ahmad Mikail, dikutip dari Antara.

Menurut dia, meski pertumbuhan ekonomi diperkirakan melambat dibandingkan periode sebelumnya, namun masih cukup kuat menjaga kepercayaan pelaku pasar terhadap economi nasional.

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Berfikir positif dan optimis terlihat seperti kalimat puisi yang sepele, tapi sdarilah ini sangat penting dalam peran anda mengambil keputusan yang akan menenuntukan kesuksesan atau kehancuran.

“Ekspektasi positif investor terhadap economi Indonesia masih kuat,” katanya.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, mata uang rupiah melanjutkan apresiasi terhadap dolar AS.

Sentimen mengenai inflasi yang dianggap stabil masih memberikan sentimen positif daripada rupiah.

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Menjaga moral seperti membangun pagar yang melindungi rumah sendiri dan rumah tangga dari pencuri.

“Kali ini rupiah pula mendapat sentimen positif da-ri Bank Indonesia yang menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih solid & telah menyiapkan sejumlah antisipasi utk menghadapi gejolak economi global,” katanya.

Ia memprediksi mata uang rupiah bakal bergerak di kisaran 14.935 per dolar AS hingga 14.965 per dolar AS daripada awal pekan ini.

Masih adanya sentimen positif dari dalam negeri diharapkan dapat mempertahankan posisi rupiah di area positif.

2 da-ri 3 halamanEkonom Sebut Penguatan Rupiah Hanya Saat

Orang Yg Bertugas menghitung uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Friday/jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (detectifmaya.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, ekonom dari Institute for Development Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira menyebutkan, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang menguat ke level di bawah 15.000 dari-pada pekan lampau hanya bakal berlangsung sesaat.

Dia memprediksi, kurs rupiah bisa kembali menyentuh angka 15.150 daripada pekan ini.

“Penguatan kemarin diperkirakan tidak berlangsung lama. Rupiah pekan ini diproyeksi bergerak di kisaran 14.920-15.150,” sebut dia saat berbincang dengan detectifmaya.com, Senin (5/11/2018).

Adapun rupiah sepanjang Jumat, 2 November 2018 kemarin sempat bergerak di berposisi 14.955 per dolar AS. Itu menandakan bahwa rupiah usai melemah sekitar 10,33 persen sepanjang thn berjalan 2018.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan, salah satu pemicu bangkitnya nilai tukar rupiah yakni ada kemajuan dalam perundingan perdagangan antara AS dengan China yang direspons positif oleh para pelaku pasar keuangan.

“Perundingan Amerika-China ada kemajuan. Belum selesai, tetapi ada kemajuan mengenai trade war (perang dagang),” ujar Mirza.

Namun begitu, Bhima menyatakan, rupiah bisa kembali melemah lantaran sentimen perang dagang bisa berbalik memanas.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dlm hidupnya dan tetap bersyukur.

Dia merujuk ucapan analis keuangan yang juga Direktur National Economic Council, Larry Kudlow, yang menolak pernyataan Presiden AS Donald Trump bahwa saat ini Negeri Paman Sam tengah menyiapkan draft trade deal dengan China.

“Rilis data tenaga kerja AS cukup menguatkan sentimen kenaikan Fed rate akhir thn ini.Nonfarm payroll meningkat 250 ribu orang daripada bulan Oktober dan upah rata-rata naik 0,2 persen,” paparnya.

3 dari 3 halamanSaksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Nilai tukar rupiah melemah, warga antre tukar dolar Amerika Serikat milik mereka di tempat penukaran valuta asing di kawasan Menteng, Ibukota Indonesia Pusat.

Sebagai pembaca yang setia kami, info yang detectifmaya.com sajikan adalah info yang sudah di terpercaya dari sumber nya secara langsung.

keyword terindex diartikel ini : awal,pekan,,rupiah,lanjutkan,penguatan, bergerak, indonesia, melemah, positif, daripada, sentimen, terhadap, amerika, menguat, serikat