Cuaca Ekstrem, 5 Gunung Ditutup Utk Para Wisatawan Pendaki – berita 2019


Ilustrasi Foto Pendaki dan Mendaki Gunung (iStockphoto)

detectifmaya.com, Ibukota Indonesia Ketua Tim TCC (Tourism Crisis Center) Kemenpar Guntur Sakti menyebut berwisata hari ini identik dengan kebutuhan utk diakui & menyenangi berwisata yang terkadang ekstrem & berbeda. Meskipun begitu, para wisatawan yang memilih mendaki harus tetap memenuhi aspek-aspek baik keamanan, fisik dan keselamatan.

Sejumlah Balai Taman Nasional yang mengelola jalur pendakian di Indonesia juga sudah mengeluarkan edaran semenjak dari waspada cuaca ekstrem ataupun penutupan terkait pemulihan ekosistem dengan tenggat waktu itu yang berbeda.

“Wisatawan atau pendaki diharapkan untuk mematuhi peratuan tersebut,” kata Guntur yang juga menjabat Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar di Jakarta, Kamis, seperti dilansir Antara, Kamis, (10/1/2019).

Saat ini, lima gunung ditutup untuk aktivitas pendakian. Jalur pendakian Gunung Merbabu, Jawa Tengah, ditutup semenjak 30 Desember 2018 hingga kala itu yang belum ditentukan.

Jalur pendakian Gunung Besar Pangrango di Jawa Barat ditutup selama tiga bulan, semenjak 1 Januari 2019 sampai 31 maret 2019.

Selain itu, jalur pendakian Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ditutup mulai Selasa, 1 Januari 2019 hingga pemberitahuan selanjutnya. Jalur pendakian Gunung Prau bakal ditutup selama tiga bulan, semenjak dari 6 Januari hingga 5 April 2019. Sementara itu, Gunung Semeru di Jawa Timur ditutup secara total mulai 3 Januari 2019 hingga batas waktu itu yang belum ditentukan.

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Terkadang, kamu berusaha menghindari sesuatu, bukan berarti kamu membencinya. Kamu menginginkannya tapi kamu tahu bahwa itu salah.

Curah hujan yang tinggi, lanjut Guntur, ditambah angin kencang membuat suhu di permukaan yang lebih tinggi tentu lebih dingin, tergolong di atas gunung & jalur pendakian, sehingga hipotermia menjadi salah satu hal yang bisa dialami pendaki.

Hipotermia ialah kondisi yang mana suhu tubuh menurun sampai di bawah 37 derajat celcius yang menjadi suhu tubuh normal manusia.

2 da-ri 2 halamanJatuh Korban tetapi Tetap Aman

Ilustrasi Foto Pendaki dan Mendaki Gunung (iStockphoto)

Berdasarkan laporan yang diterima Tim TCC (Tourism Crisis Center) Kemenpar, beberapa wisatawan minat khusus mengalami hipotermia di beberapa gunung yang menjadi favorit wisatawan mendaki, sepeti Gunung Semeru & Gunung Slamet. Selain hipotermia, jalur pendakian yang licin pula bisa menjadi salah satu tantangan saat mendaki di cuaca ekstrem.

Menurut Guntur, memperhatikan se-cara penuh arahan pengelola menjadi hal utama yang harus dilakukan wisatawan minat khusus.

Selain itu, pula melakukan persiapan yang baik & matang atas segala kebutuhan yang diperlukan untuk mendaki, mulai dari logistik, peralatan & perlengkapan mendaki.

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Perasaan adalah hanya pengunjung. Biarkan mereka datang dan pergi.

Perhatikan juga karakter jalur & trek jalur pendakian yang akan didaki.

Hingga saat ini, Guntur memastikan ngga ada wisatawan minat khusus yang mengalami kendala serius.

Kemenpar melalui Tim TCC mereka juga akan terus memantau lokasi-lokasi pendakian yang menjadi favorit wisatawan.

“Tentunya kami pula terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga & pihak-pihak terkait lainnya untuk sama-sama memantau perkembangan jalur pendakian di Indonesia. Karena sepeti yang kita ketahui bersama, Indonesia memiliki daya tarik wisata alam yang sangat tinggi. Keindahan puncak gunung serta landscape yang ada di bawahnya selalu menarik wisatawan baik Nusantara ataupun mancanegara untuk berkunjung,” ujar Guntur Sakti.

Saksikan video pilihan di bawah ini:



Pasca erupsi freatik Gunung Merapi, beredar vral sejumlah rekaman yang menggambarkan para pendaki di sekitar Puncak Gunung Merapi yang menjadi saksi detik-detik awal berlangsungnya erupsi. Bahkan, mereka sempat mengabadikan peristiwa terjadinya erups…

Sebagai pembaca yang setia kami, info yang detectifmaya.com sajikan adalah info yang sudah di terpercaya dari sumber nya secara langsung.

keyword terindex diartikel ini : cuaca,ekstrem,,5,gunung,ditutup,utk,para,wisatawan,pendaki, pendakian, mendaki, januari, indonesia, kemenpar, semenjak