Tata Cara Mandi Gede Setelah Haid Sesuai Ajaran Nabi & Bacaannya – berita 2019

Info aktual Kamis Januari 2019 baca berita “Tata Cara Mandi Gede Setelah Haid Sesuai Ajaran Nabi & Bacaannya” Media berita terbaru dan terupdate detectifmaya.com

Tata Cara Mandi Gede (Sumber: Unsplash)

detectifmaya.com, Jakarta Seorang perempuan muslim yang sedang haid haram hukumnya untuk melaksanakan sholat, puasa, menyentuh Al-Quran, berhubungan suami istri, atau yang lainnya. Namun, setelah suci da-ri haid, setiap wanita muslim mesti mengqadha puasanya di lain hari.

Lain hukumnya dengan sholat. Wanita yang seusai bersuci da-ri haid ngak perlu mengqadha sholat karena Rasulullah ngak memerintahkan utk mengqodhonya.

Haid secara istilah berasal da-ri bahasa Arab yaitu “Haidl” yang berarti mengalir.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Kebahagian tidak diukur dari seberapa banyak yang dimiliki, tetapi dari perasaan mensyukuri apa yang dimiliki.

Menurut sains, haid disebut juga dengan menstruasi.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan tak kan pernah sia-sia. Kebaikan akan berbalas kebaikan.

Menstruasi atau haid ialah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah & sel telur yang tidak dibuahi.

Nah, selain larangan menunaikan sholat saat haid, apa saja adab wanita haid yang dianjurkan menurut Islam?

Berikut adalah adab wanita saat haid dalam islam yang dirangkum detectifmaya.com da-ri berbagai sumber, Monday/senin (21/1/2019).

2 da-ri 4 halamanAdab perempuan saat haid dalam islam

Tidak Boleh Menjalankan Shalat Wajib Maupun Sunnah

“Dari Aisyah RA, “Bukankah bila si wanita haid ia ngak shalat dan tidak juga puasa? Itulah kekurangan agama si wanita” (Muttafaqun lsquoalaih, HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadist tersebut, para ulama bersepakat bahwa wanita haid tidak boleh shalat dan tidak boleh berpuasa.

Hal ini sama sepeti mengeluarkan najis se-cara terus menerus. Utk itu bukan diperkenankan shalat.

Tidak Boleh Membaca Al Qurrsquoan

Dari pendapat 4 ulama, mahdzab ke-empatnya sepakat bahwa wanita muslimah yang sedang dalam kondisi haid dilarang utk menyentuh mushaf Al-Quran yang suci. Sebagaimana diambil dalam QS Al-Waqirsquoah:79 “”idak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.”

Tidak Boleh Berpuasa

Larangan ini sesuai dengan Hadis riwayat Aisyah ra yang berbunyi: “Bahwa seorang perempuan bertanya kepadanya: lsquoApakah salah seorang di antara kami mesti mengganti salat dari pada masa haid?rsquo Aisyah berkata: lsquoApakah engkau tergolong golongan Haruriyyah (salah satu golongan Khawarij)?

Dahulu, dari pada masa Rasulullah saw. Di antara kami ada yang haid, namun tidak diperintahkan mengganti (salat).rsquo” (Shahih Muslim No.506).

Tidak Melakukan Hubungan Badan

Berdasarkan QS Al Baqarah : 222, sesaat wanita muslimah mendapatkan haid, maka ia diharamkan oleh Syariat Islam untuk melakukan hubungan suami istri atau berjima dengan suaminya.

Dilarang Tawaf saat Haji

Rasulullah menyampaikan ke pada Aisyah, “Lakukanlah segala sesuatu yang dilakukan orang yang berhaji selain da-ri melakukan thawaf di Karsquobah hingga engkau suci.” (HR.

Bukhari dan Muslim).

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Berhenti berusaha tuk jadi yg sempurna. Temukan dia yg tahu semua kelemahanmu tapi tetap ingin menjadi bagian hidupmu.

Tidak Masuk ke masjid

Dari Aisyah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ku halalkan masjid bagi orang yang junub & haidh.”

Memuji Asma Allah dan Bershalawat

Meskipun haram hukumnya wanita haid menjalankan sholat wajib maupun sunnah, tetapi wanita haid mesti tetap menjalankan ibadah lain sepeti bershalawat ke pada Allah SWT. Memuji Asma Allah seperti menghafal asmaul husna, mengkaji & memahami terjemahan al-Quran, atau dengan membaca & menghafal kitab-kitab Hadis.

3 dari 4 halamanTata Cara Mandi Besar Setelah Haid Sesuai Ajaran Nabi

Dalam Islam, bersuci setelah haid wajib hukumnya agar tubuh kembali suci utk kembali melakukan ibadah wajib.

Bersuci sesudah haid menurut islam adalah dengan cara mandi besar. Menurut Islam, tata cara mandi besar setelah haid memiliki urutan-urutan yang perlu dijalani agar tubuh benar-benar kembali dari pada keadaan suci.

Namun, tak sedikit wanita muslim yang menganggap definisi mandi gede setelah haid merupakan hanya dengan mencuci rambut atau keramas, membasahi tubuh dengan air, & membersihkan kemaluan. Padahal, mandi gede setelah haid lebih dari sekedar membersihkan tubuh atau fisik.

Menurut ajaran Nabi, terdapat beberapa urutan tata cara mandi gede setelah haid yang harus dipraktikan agar tubuh kembali suci luar & dalam.

Untuk mengetahui tata cara mandi besar setelah haid sesuai ajaran Nabi, berikut detectifmaya.com ulas penjelasan lengkapnya dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019) agar tubuh kembali suci sesuai syariat islam.

4 dari 4 halamanNiat mandi besar setelah haid

Tata cara mandi besar setelah haid yang pertama merupakan dengan membaca niat yang dapat dilakukan dalam hati maupun se-cara lisan. Berikut adalah niat yang dibaca saat hendak mandi besar.”Nawaitu ghusla lirafil hadatsil akbar minal haidi fardlon lillahi taala.”

Menggunakan wewangian

Setelah membaca niat, siapkan kapas yang dilumuri wewangian atau parfum tanpa mengandung alkohol. Selanjutnya, bersihkan kemaluan dengan kapas yang telah diberikan parfum.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Waktu terus berjalan, belajarlah dari masa lalu, bersiaplah tuk masa depan, berikan yg terbaik untuk hari ini.

Hal ini sesuai dengan ajaran Nabi SAW ketika beliau ditanya dari seorang wanita Anshor. “Bagaimana saya mandi da-ri haid?rsquo Beliau menjawab: “Ambillah sepotong kapas yang dilumuri dengan minyak wangi lalu bersihkan dengan itu.”Membersihkan kedua telapak tangan Siram atau basuhlah tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan & sebaliknya & diulangi sampai 3 kali.

Mandi dengan air bersih

Setelah menggunakan wewangian, tata cara mandi gede berikutnya merupakan mandi dengan air bersih.

Mandi gede setelah haid dilakukan seperti mandi sesuai kebiasaan. Namun, diwajibkan untuk mencuci rambut atau keramas dengan shampo untuk menghilangkan kotoran di kepala.

Menyiram & Membersihkan Seluruh Anggota Tubuh

Tata cara mandi gede yang terakhir merupakan membersihkan seluruh anggota tubuh. Pastikan seluruh anggota tubuh tersiram air dan bersihkan, baik pada bagian-bagian yang tersembunyi atau lipatan sepeti ketiak, dibawah kemaluan, badan bagian belakang, & juga dari pada sela-sela jari kaki.

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

Sebuah berita singkat yang dipaparkan diatas yang detectifmaya.com sajikan secara aktual. Semoga bisa menjadi referensi yang berguna buat anda. Terima kasih.

keyword terindex diartikel ini : tata,cara,mandi,gede,setelah,haid,sesuai,ajaran,nabi,&,bacaannya, kembali, menurut, membaca, melakukan