Pengembangan Manufaktur Penting Buat Optimalkan Pertumbuhan Ekonomi – berita 2019


Menteri PPN / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjadi pembicara pada Economic amp Investment Outlook 2018, (17/1). Acara bertajuk Optimisme di Tahun Politik memberikan bocoran berita konprehensif mengenai kondisi economi dan politik.

(detectifmaya.com/Pool/Eko)

detectifmaya.com, Jakarta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, diversifikasi & peningkatan sektor manufaktur sangat penting utk meningkatkan pertumbuhan economi Indonesia. Manufaktur juga menjadi faktor untuk mendorong ekonomi masyarakat agar berpenghasilan menengah ke atas.

“Temuan dalam laporan ini mengindikasikan bahwa struktur perekonomian Indonesia yang masih berbasis pertanian, sumber daya alam, serta manufaktur & jasa sederhana, ngak memungkinkan kita utk mencapai tingkat pertumbuhan yang Iebih tinggi,” ujarnya dalam peluncuran publikasi hasil penelitian dengan Asian Development Bank (ADB) di Kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Menteri Bambang melanjutkan, pengembangan manufaktur pula perlu dilakukan utk mewujudkan target menjadikan Indonesia berpenghasilan menengah ke atas dalam 15 thn ke depan.

“Karena itu, membangun sektor manufaktur yang canggih menjadi penting agar pertumbuhan Indonesia Iebih optimal dalam jangka menengah & panjang,” jelasnya.

Menteri Bambang mengatakan, laporan ini menjadi landasan yang kokoh bagi para pengambil kebijakan Indonesia agar start mengkaji kebijakan yang perlu dilaksanakan guna mendukung pembangunan Indonesia dalam jangka menengah & panjang.

“Analisis & rekomendasi dalam Iaporan ini bakal menjadi masukan panting bagi agenda pembangunan 2020-2024,” jelas Menteri Bambang.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Jika kita ingin disukai maka akuilah setiap kesalahan tanpa menuntut besarnya kebajikan yang telah kita lakukan.

Sementara itu, Penasihat di Departemen Penelitian Economi dan Kerja Sama Regional (Economic Research and Regional Cooperation Department) ADB, Jesus Felipe mengatakan, laporan mengenai Kebijakan utk Mendukung Pembangunan Sektor Manufaktur Indonesia 2020-2024 menganalisis prospek pertumbuhan Indonesia selama thn tersebut. Khususnya apakah tingkat pertumbuhan 7 persen dapat dicapai atau tidak.

Lebih lanjut Iaporan ini membahas cara-cara mendiversifikasikan & meningkatkan sektor manufaktur Indonesia, pendekatan bagi pemerintah utk memodernisasi kebijakan industrinya, serta peran kebijakan fiskal & moneter dalam mendukung tingkat pertumbuhan Iebih tinggi.

2 da-ri 3 halamanHarus Tingkatkan Produktivitas

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

(Dok Bappenas)

Laporan tersebut juga menggarisbawahi pentingnya meningkatkan produktivitas di Indonesia, mendukung diversifikasi produk, serta menciptakan kaitan kuat antara pt besar dengan usaha kecil dan menengah, dan juga antara pt domestik dengan pasar internasional.

“Pemerintah dapat berperan penting dalam merevitalisasi sektor manufaktur melalui kerja sama yang Iebih efektif dengan sektor ini. Pemerintah perlu memulai dialog dengan sektor swasta agar dapat berbondon-bondong mengidentifikasi & mengatasi hambatan terhadap pembangunan sektor manufaktur modern,” jelasnya.

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Jika kamu memiliki keinginan untuk memulai, kamu juga harus mempunyai keberanian dan keinginan ununtuk menyelesaikannya, bukan hanya mengakhiri.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

3 da-ri 3 halamanSaksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Robot telah menggantikan jutaan pekerja manufaktur di AS dan otomatisasi semakin murah, semakin canggih & merambah ke sektor jasa. VOA

Terima kasih telah mengunjungi situs kami,


Leave a Reply