Bencana Alam Terbesar Di Mozambik, Siklon Idai Menewaskan Hingga 120 Orang – berita 2019

Jurnal dunia berita dan trend di Kamis Maret 2019 baca berita “Bencana Alam Terbesar Di Mozambik, Siklon Idai Menewaskan Hingga 120 Orang” Media berita terbaru dan terupdate detectifmaya.com

Ilustrasi topan (iStock)

detectifmaya.com, Maputo Lebih dari 120 orang dilaporkan tewas, & masih lebih dari satu lainnya dilaporkan hilang di Mozambik dan Zimbabwe yang bertetangga, menyusul hantaman Badai Siklon Idai yang memicu angin kencang & banjir bandang.

Pihak berwenang di Mozambik mengatakan jumlah korban di sana telah meningkat menjadi 62 orang, sementara Zimbabwe mengatakan 65 orang tewas di daerah-daerah timur yang terkena dampak, sesudah topan tropis menghantam wilayah itu dari pada Jumat & Sabtu.

“Saya pikir ini adalah bencana alam terbesar yang pernah dihadapi Mozambik. Semuanya hancur. Prioritas kami sekarang adalah untuk menyelamatkan nyawa manusia,” kata Menteri Lingkungan Mozambik Celso Correia, sebagaimana dikutip da-ri The Guardian dari-pada Senin (18/3/2019).

Badai siklon Idai memukul Mozambik lebih dulu dari-pada Kamis malam sebelum bergerak ke Zimbabwe, ngga lama setelahnya.

Di Zimbabwe, Kota/city Chimanimani di wilayah timur ialah area yang paling parah dihantam badai siklon Idai, di mana lebih dari satu rumah & jembatan tersapu banjir bandang.

Hingga sesaat ini, berbagai wilayah yang terdampak, belum dapat diakses. Sementara angin kencang dan awan mendung menghambat penerbangan helikopter penyelamat militer.

“Sejauh ini ada 65 orang yang kehilangan nyawa,” kata Joshua Sacco, anggota parlemen Chimanimani, menambahkan bahwa antara “150 hingga 200 orang lainnya hilang”.

Sebagian Gede Pekerja Pemerintah

Sebagian gede korban hilang merupakan para pekerja pemerintah, yang komplek perumahannya diterjang banjir bandang. Nasib mereka belum juga diketahui karena daerah tsb masih belum bisa dijangkau dari regu penyelamat.

“Kami sangat khawatir karena semua rumah ini tiba-tiba terendam air & benar-benar hanyut.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Tdk ada org yg dpt menyakitimu, kecuali mereka yg benar2 kau peduli, atau mereka yg tdk benar2 peduli padamu.

Di situlah kami mendapati sekitar 147 orang hilang,” katanya.

“Sangat menyedihkan dan situasinya mengerikan.” Lanjut Sacco.

Dua murid di sekolah menengah di daerah itu tergolong di antara mereka yang tewas, sesudah tanah longsor mengirim sebuah batu gede menabrak asrama mereka, kata badan perlindungan sipil setempat.

Tentara Mozambik dari-pada hari Saturday/minggu membantu menyelamatkan hampir 200 murid, guru dan staf yang telah terperangkap oleh badai siklon Idai sekolah di Chimanimani.

Simak video pilihan berikut:



Badai matahari dikabarkan bakal menyentuh bumi daripada hari ini (15/3) . Menurut pengamat, fenomena ini ngga berikan dampak besar. Ini beberapa dampaknya.

2 da-ri 2 halaman10.000 Orang Terdampak

Ilustrasi banjir (Wikipedia)

Perwakilan PBB di Zimbabwe mengatakan bahwa hampir 10.000 orang terdampak oleh badai siklon Idai.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa.

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa, yang memotong kunjungan singkat ke Abu Dhabi karena topan, telah mengakui keadaan bencana di daerah-daerah yang terkena dampak.

Ini adalah tragedi kedua yang menimpa Zimbabwe dalam beberapa bulan terakhir. Daripada Februari, lebih dari 40 penambang emas ilegal terjebak jauh di bawah tanah sesudah banjir bandang menyerbu.

Sementara itu, badai siklon Idai menghancurkan Mozambik dari pada hari Jumat, membuat lebih dari setengah juta penduduk kota/city pelabuhan Beira kehilangan 80 persen jaringan listriknya.

“Semua jalan terputus, infrastruktur hancur, praktis semuanya hancur,” kata Menteri Correia.

“Wilayah penting di Afrika Tengah benar-benar hancur oleh topan ini, bahkan lebih besar dari yang diperkirakan,” kata Jamie LeSueur, Manajer Operasi Darurat Federasi Internasional Palang Merah, sesudah meninjau wilayah terdampak di Mozambik da-ri udara.