Tips Kelola Uang Agar Mampu Membeli Hewan Kurban Sesaat Idul Adha – berita 2019

Jurnal dunia berita dan trend di Kamis Agustus 2019 baca berita “Tips Kelola Uang Agar Mampu Membeli Hewan Kurban Sesaat Idul Adha” Media berita terbaru dan terupdate detectifmaya.com

Petugas Dinas Peternakan dan Pertanian memeriksa selaput lendir sapi kurban yang dijual di Mall Hewan Kurban H. Doni, Depok, Jawa Barat, Senin (29/7/2019).

Pemeriksaan untuk menjamin kelayakan & kesehatan medis hewan kurban utk dikonsumsi dari pada Idul Adha mendatang. (detectifmaya.com/Immanuel Antonius)

detectifmaya.com, Jakarta Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, hewan kurban banyak diburu oleh warga. Momen ini pun dimanfaatin para pedagang utk mengambil keuntungan.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung dari besar kecilnya hewan kurban baik sapi maupun kambing.

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Jika manusia berusaha melawan hukum alam, maka ia akan menghancurkan dirinya sendiri.

“Hewan kurban ditawarkan dengan harga yang beragam. Kambing ditawarkan beranjak dari Rp 1,9 juta per ekor, sedangkan sapi ditawarkan start dari Rp 13,5 juta per ekor,” kata Kepala Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS) PERUSAHAAN Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Justitia Tripurwasani dalam keterangan tertulis kepada Merdeka, Jumat, 9 Agustus 2019.

Untuk menyiasati keuangan, agar bisa membeli hewan kurban, berikut ini sejumlah tips yang bisa dilakukan:

2 da-ri 5 halaman1. Menabung dengan Seharga Kurban Ditambah 15 Persen

Pedagang sesaat berjualan hewan kurban di trotoar, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Kalau masa depanku gelap, jelas lebih baik aku menghadapinya layaknya seorang laki-laki, daripada berusaha mencerahkannya dengan imajinasi-imajinasi yang sia-sia.

Meski Pemprov DKI Jakarta telah melarang, sejumlah pedagang nekat berjualan hewan kurban di trotoar dengan alasan ngga memiliki lahan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Ketika sudah memiliki niat utk membeli hewan kurban di thn depan, maka jadikan ini sebagai tujuan keuangan jangka pendek.

Buat sebagai pos keuangan tersendiri yang harus diisi hingga tercapai jumlahnya.

Setelah menentukan pos tersendiri, tentu pertanyaan selanjutnya ialah berapa jumlah dana yang harus ditabung setiap bulan.

Dengan perkiraan kenaikan harga sebesar 15 persen, maka harga hewan kurban tsb akan menjadi sekitar Rp 2,2 juta per ekor kambing dan sekitar Rp 15,6 juta per ekor sapi daripada tahun depan.

“Jadi, dalam 12 bulan ke depan Anda mesti menabung mulai dari Rp 183.000 tiap bulan utk membeli seekor kambing & mulai da-ri Rp 1,3 juta tiap bulan utk membeli seekor sapi,” jelas dia.

3 dari 5 halaman2. Reksa Dana Pasar Uang Syariah

Sejumlah siswa dipercaya oleh pihak sekolah untuk membeli langsung hewan kurban untuk sambut momen Idul Adha. (Foto: detectifmaya.com/Dian Kurniawan)

Reksa dana pasar uang syariah sangat cocok digunakan utk menyimpan dana investasi dalam jangka pendek.

Selain likuid alias dapat dicairkan kapan saja tanpa dibebankan denda, reksa dana pasar uang syariah pula tidak dipotong pajak karena tak objek pajak.

“Potensi imbal hasil reksa dana pasar uang syariah pun lebih kompetitif dibandingkan tabungan & deposito, yaitu sekitar 5,8 persen per thn dan halal,” ungkapnya.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Hanya karena seseorang tersenyum, bukan berarti dia bahagia. Terkadang dia hanya tak ingin terlihat lemah.

Selain itu, dengan disimpan di reksa dana pasar uang syariah, orang ngak mudah tergiur utk menggunakan dana kurban untuk keperluan lainnya.

“Sebab, dana ini tersimpan dalam rekening tersendiri, yang tidak bisa ditarik da-ri mesin ATM atau gesek dari mesin debit bank,” imbuhnya.

4 dari 5 halaman3. Kelola Bonus Tahunan

Pedagang menunggu pembeli hewan kurban menjelang Idul Adha di sebuah pasar ternak di Kuwait pada 5 Agustus 2019. Umat Islam di seluruh dunia bakal merayakan Idul Adha yang identik dengan tradisi berkurban dengan hewan seperti kambing, domba, unta, sapi dan kerbau. (Yasser Al-Zayyat/AFP)

Dia menambahkan, kalau menyicil setiap bulan akan mengganggu keuangan keluarga, masih ada acara lain.

Ketika menerima bonus tahunan, bonus tsb bisa langsung sisihkan sebagian utk membeli hewan kurban.

“Anda bisa langsung menyisihkan sejumlah harga satu ekor kambing atau sapi.

Namun, jika masih belum mencukupi, manfaatkan sebagian THR Anda, & cicil setiap bulan (untuk hewan kurban),” tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka

5 dari 5 halamanSaksikan video pilihan di bawah ini:


Jelang Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kota/city Tangerang memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban yang telah berada di lapak-lapak pedagang pada Selasa (23/7) siang.

Jangan sampai ketinggalan berita terkini, update terus berita anda dengan mengunjungi detectifmaya.com, Thank You