Jalan Tol Pertama Di Ibu Kota/city Baru Beroperasi Akhir Oktober – berita 2019


Jalan Tol Balikpapan-Samarinda menjadi tol pertama di Ibu Kota Baru dan akan beroperasi akhir Oktober 2019. (Dok. Jasa Marga)

detectifmaya.com, Jakarta PERUSAHAAN Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung penuh rencana pemindahan Ibu Kota Negara da-ri DKI Jakarta ke wilayah dua Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Salah satu jalan tol yang dikelola dari anak usaha Jasa Marga, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, bakal melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara yang hingga awal September 2019 ini hampir rampung 100 persen.

Dalam kunjungannya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengakui bahwa jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat segera digunakan oleh masyarakat dari-pada akhir Oktober 2019.

“Saat ini progres konstruksi seluruhnya telah mencapai 97 persen.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Persahabatan tak terjalin dengan orang yg istimewa. Kita jadi istimewa karena bersahabat. Sahabatlah yg mengistimewakan kita.

Kami optimis untuk Seksi II hingga Seksi IV Palaran dapat dioperasikan secara fungsional akhir Oktober ini.

Sementara itu, Seksi V & I yang merupakan dukungan konstruksi Pemerintah masih ada beberapa yang harus dikejar & ditargetkan beroperasi dari pada akhir thn 2019,” jelas Danang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Saturday/minggu (8/9/2019).

Jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,350 Km terdiri da-ri 5 seksi, yaitu Seksi V ruas Balikpapan (Km 13) Sepinggan (11,500 Km), Seksi I ruas Balikpapan (Km 13) Samboja (22,025 Km), Seksi II ruas Samboja Muara Jawa (30,975 Km), Seksi III Muara Jawa Palaran (17,300 Km) dan Seksi IV Palaran Samarinda (17,550 Km).

2 da-ri 4 halamanJokowi Janjikan Pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda Rampung Akhir 2019

Tol Balikpapan-Samarinda (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjanji bakal menyelesaikan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda dari pada akhir 2019. Tol Balikpapan-Samarinda tercatat sepanjang 99 km.

“Jalan tol Balikpapan-Samarinda tinggal 20 persen bakal kita selesai akhir tahun ini,” kata Jokowi di Gedung DOM Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (28/3/2019).

Bila tol tsb rampung, Jokowi memastikan Balikpapan-Samarinda bisa ditempuh dalam wa`ktu maksimal satu jam.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Kita memang tidak selalu mendapatkan apa yg kita inginkan, namun percayalah, Tuhan memberikan apa yg kita butuhkan.

Sebelumnya, Balikpapan-Samarinda ditempuh dalam kala itu sekitar tiga jam.

Setelah pembangunan tol Balikpapan-Samarinda selesai, Jokowi mengisyaratkan akan membangun tol sampai ke Bontang.

“Supaya semuanya paham nantinya sesudah Balikpapan-Samarinda selesai tolnya pula akan diteruskan naik lagi sampai ke Bontang. Siapa yang setuju tunjuk jari, siapa yang tidak setuju silakan maju aku beri sepeda,” ujar Jokowi.

3 da-ri 4 halamanBendungan Baru

Proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda yang akan menjadi cikal akan dari tol Trans Kalimantan. (Dok Jasa Marga)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, tidak menutup kemungkinan bila dirinya terpilih kembali sebagai presiden pemerintah akan membangun bendungan baru di Kalimantan.

Saat ini pemerintah telah membangun tiga bendungan yakni bendungan Teritip, Marangkayu & Tapin.

“Jadi seusai ada 3 bendungan yang kita bangun dalam 4 setengah tahun ini. Jadi siapa yang setuju dibangun bendungan lagi?” Kata Jokowi.

4 dari 4 halamanSaksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Langkah awal yang akan dilakukan yakni membuat klaster usaha tani di 10 kabupaten & kota se-Kalimantan Timur.


Leave a Reply