Jakarta Banjir, Anies Sebut Tinggi Muka Air Di Pintu Manggarai BerangsurTurun – berita 2020


Petugas dibantu alat berat membersihkan sampah kayu dan bambu yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Sekitar 80 ton sampah sudah diangkut menggunakan alat berat.

(detectifmaya.com/Faizal Fanani)

detectifmaya.com, Jakarta Gubernur DKI Ibukota Indonesia Anies BaswedanAcirc mengakui pemantauan ketinggian air sudah dilakukan sejak, Friday/jumat 7Acirc Februari 2020 pukul 16.00 WIB. Hal itu menyusul hujan deras di kawasan Bogor, Jawa Barat yang membuat volume air di Bendung Katulampa meningkat.

“Puncak pukul 22.00 WIB di Bendung Katulampa, artinya, mulai tadi malam kita seusai antisipasi bahwa ada volume air yang datang ke Jakarta,” kata Anies di pintu air Manggarai, Jakarta Selatan, Jakarta, Akhir Pekan/sabtu (8/2/2020).

Karena hal itu, kata Anies lurah-lurah di Jakarta langsung mengabarkan terkait adanya ketinggian permukaan air.

Sehingga masyarakat dapat mengantisipasi bila banjir datang.

Mantan Menteri Pendidikan & Kebudayaan itu juga menyebut, ketinggian permukaan air di Pintu Air Manggarai pagi tadi sempat mencapai 940 centimeter. Tetapi ketinggian air berangsur turun.

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Jangan tidakut akan perubahan. Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan peroleh sesuatu yang lebih baik lagi.

“Sekarang turun 880 centimeter. Kami sedang tunggu air makin surut, makin surut,” ucap Anies.

Selain itu, Anies pula menyebut pihaknya telah menyiagakan pompa air mobileAcirc untuk membantu menyedot genangan yang terjadi di beberapa titik Jakarta.

Acirc

2 da-ri 3 halamanBanjir 6 Meter di Underpass Kemayoran

Orang Yg Bertugas memasang pompa penyedot air di banjir yang menggenangi underpass Kemayoran, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Curah hujan tinggi menyebabkan banjir yang menggenangi kawasan tersebut lama surut sehingga menutup arus lalu lintas. (detectifmaya.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, sejumlah wilayah di Jakarta tergenang banjir akibat hujan deras mulai Jumat (7/2/2020). Seperti halnya underpass Kemayoran, Ibukota Indonesia Pusat yang selalu banjir saat hujan deras turun.

“Ketinggian 6 meter belum bisa kita sedot karena belum ada pembuangannya,” kata Kepala Sektor Pemadam Kebakaran Unggul Wibowo sesaat dihubungi detectifmaya.com, Sabtu (8/2/2020).

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Mengemis cinta seseorang hanya membuatmu tidak berkualitas. Jika dia mencintaimu, kamu tidak perlu mengemis cintanya.

Dia menyatakan ketinggian air seusai mulai naik beranjak pukul 03.00 WIB dini hari. Penyedotan air akan dilakukan segera dilakukan.

” Mungkin 1 jam lagi, jam 09.30 WIB,” jelasnya.

Sebelumnya, underpass Kemayoran ini memang sering dilanda banjir bila curah hujan tinggi mengguyur Jakarta. Pada Jumat 24 Januari lalu, banjir pula telah memutuskan akses jalan di underpass Kemayoran tersebut.

3 dari 3 halamanSaksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Banjir yang menerjang sebagian wilayah Jakarta mamaksa warga menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi. Seorang korban menangis sesaat berusaha keluar da-ri kepungan banjir.