Masuknya 500 TKA China Ke Konawe Sultra Langgar Status Bencana – berita 2020

Info di Selasa Mei 2020 baca berita “Masuknya 500 TKA China Ke Konawe Sultra Langgar Status Bencana” Media berita terbaru dan terupdate detectifmaya.com

Dinas Ketenagakerjaan & Transmigrasi (Nakertrans) Sulawesi Tengah memastikan seluruh Tenaga Kerja Asing (TKA) China yang bekerja di PT IMIP Morowali bebas dari Virus Corona. (detectifmaya.com/ Heri Susanto)

detectifmaya.com, Jakarta Konferasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengecam keras kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) China asal China yang dipekerjakan di PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) di Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara.

Presiden KSPI Said Iqbal menilai, masuknya TKA menciderai rasa keadilan rakyat tergolong buruh di Indonesia.

“Di mana di saat pandemi ini, orang asing ngak boleh masuk ke Indonesia. Begitu pun sebaliknya, orang Indonesia ngga boleh pergi ke luar negeri. Maka sangat miris ketika mengetahui 500 TKA justru diizinkan bekerja di Indonesia,” kata dia melalui keterangan tertulis, Monday/senin (4/5/2020).

Dia mengatakan, saat penyebaran wabah virus Corona atau covid-19 kian meluas di Tanah Air pemerintah seyogyanya membatasi kunjungan masyarakat negara asing. Ini penting demi memutus rantai penyebaran virus asal kota Wuhan yang telah menyebabkan ratusan orang meninggal dunia.

Di samping itu, wabah ini telah memporak-porandakan kelangsungan bisnis di berbagai wilayah Indonesia. Imbasnya jutaan tenaga kerja terpaksa dirumahkan bahkan ngga sedikit yang terkena PHK.

Said Iqbal menambahkan, kedatangan 500 TKA asal China telah melanggar status bencana yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu, melanggar Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Alasan Plt Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja tak ada tenaga kerja skills workers serta bukan ada orang Indonesia yang bersedia bekerja di pt tersebut justru semakin menegaskan adanya pelanggaran terhadap UU Ketenagakerjaan,” terangnya.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Cinta bukanlah sebuah kata cinta, yang sebenarnya adalah cinta yang menyentuh hati dan perasaan

Sekilas kutipan kata-kata bijak/motivasi

Jangan tidakut akan perubahan. Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan peroleh sesuatu yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut presiden KSPI tsb menilai penjelasan da-ri Kemenaker hanya mencari-cari alasan. Sebab di dalam UU Ketenagakerjaan, setiap satu orang TKA wajib ada tenaga kerja masyarakat negara Indonesia sebagai tenaga pendamping, yang bertujuan utk alih teknologi dan alih keahlian dari TKA.

Sekilas kutipan kata-kata Cinta /Galau

Bersungguh-sungguh memperbaiki diri. Berjuang meningkatkan kualitas diri. Maka lihatlah, kelak akan kau temukan cinta yang berkualitas.

Pun undang-undang tersebut mewajibkan dilaksanakan pendidikan & pelatihan kerja bagi tenaga kerja Indonesia sesuai dengan kualifikasi jabatan yang diduduki dari TKA tersebut. Dengan demikian, bakal terjadi transfer of job & transfer of knowledge bagi tenaga kerja dalam negeri.

“Maksudnya, jika si TKA sudah selesai dalam saat itu 2 sampai 3 tahun, bakal ada tenaga kerja asal Indonesia yang bisa menggantikannya. Sehingga pekerjaan yang tadinya dikerjakan TKA bisa dikerjakan tenaga kerja asal Indonesia,” kerasnya.

Terlebih dari sisi jumlah TKA yang mencapai 500 orang, patut diduga ini merupakan pekerja kasar (unskill workers). Apalagi pt nikel tempat tujuan TKA tersebut sudah bertahun-tahun beroperasi di Indonesia.

“Jadi rasanya ngga masuk akal kalau tidak ada Karena itu, KSPI mengecam sekeras-kerasnya kebijakan yang telah dikeluarkan Kemenaker & kementerian terkait lainya yang mengizinkan 500 TKA tersebut,” kesalnya.

2 dari 2 halamanBatalkan Izin

Oleh karenanya, KSPI meminta Menaker & para menteri terkait utk membatalkan surat izin kerja & surat izin masuk 500 TKA China tersebut.

Selain itu, mereka juga harus meminta maaf ke pada rakyat Indonesia atas kelalaian kebijakannya tersebut. Apalagi, kebijakan tersebut menimbulkan polemik yang berpotensi menimbulkan kecemburuan sosial da-ri para buruh lokal.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait polemik kedatangan 500 TKA China asal China yang dipekerjakan di PERUSAHAAN Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) di Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara. Hal ini dikarenakan dirinya mengklaim belum mengetahui duduk permasalahan tersebut.

“Mohon maaf, saya belum tahu isu terkait 500 TKA. aku nggak update infonya,” singkat Susiwijono sesaat dihubungi Merdeka.com.


Leave a Reply